large image
CAMAT

Drs. JOKO PURWANTO, MM
NIP. 19740405 199303 1 003
SEKILAS KOTA CILEGON
PENGUMUMAN
AGENDA
PUSAT UNDUHAN
Klik Gambar di Bawah ini
LINK TERKAIT


Syarat Pelayanan
Bagikan Artikel ini :

  1. Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Rumah/Ruko/Kantor Baik Baru, Perubahan Maupun Pemutihan Dengan Kriteria Luas Lebih Kecil Atau Sama Dengan 150 m² , Dikecualikan Bangunan Yang Dibangun Oleh Pengembang (Developer).  

Persyaratan :

  • Surat Permohonan IMB
  • Fotocopy KRK (Keterangan Rencana Kota) dari SKPD Teknis
  • Fotocopy Surat Pernyataan Permohonan tentang kesanggupan mematuhi pernyataan teknis bangunan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
  • Fotocopy KTP pemoho
  • Surat kuasa apabila permohonan bukan dilakukan pemilik sendiri bermaterai cukup
  • Fotocopy sertifikat hak atas tanah atau bukti perolehan tanah yg sah lainnya
  • Fotocopy tanda pelunasan PBB tahun berjalan
  • Gambar rencana bangunan (denah, tampak, potongan) yang memenuhi standar perencanaan bangunan
  • Untuk bangunan perluasan/penambahan melampirkan Fotocopy dan asli SK IMB lama
  • Melampirkan  Surat  Kehilangan  dari  Kepolisian  (untuk mengganti IMB yang hilang)
  • Standar Waktu Pelayanan : 14 Hari Kerja (apabila persyaratan dinyatakan lengkap & benar)
  • Biaya Pelayanan                          : Beretribusi (Sesuai Perda)
  1. Izin Tempat Usaha (SITU) Yang Bebas Gangguan Dan Tidak Berbadan Hukum (Perseorangan), seperti : Cuci Cetak Film/Foto Copy, Tambal Ban/Bengkel Sepeda, Toko Mas/Permata,Toko Meubel, Toko Onderdil,Tambak Udang (Tanpa Mesin), Budidaya Ikan, Toko Kelontong, Tempat Kursus Keterampilan (Stir Mobil, Motor, Kursus), Salon, Rumah Kontrakan, Video Rental, Kios-kios,Barber Shop, Kolam Pemancingan, Warung Nasi, Toko Elektronik, Agen Rokok/Surat Kabar, Toko Pakaian/Sepatu/Kosmetik, Toko Kain/Tekstil, Toko Alat-alat Olah Raga, Toko Buku, Studio Photo, Penjahit dan Toko Buah-buahan.

Persyaratan

  • Surat Permohonan SITU
  • Surat Pernyataan Tidak Keberatan dari tetangga
  • Fotocopy KTP Pemohon
  • Surat Keterangan Status Tanah dari Kelurahan
  • Fotocopy Sertifikat Tanah/AJB/Perjanjian Sewa Kontrak
  • Fotocopy NPWP Pemohon
  • Fotocopy IMB (bila diperlukan)
  • Berita Acara Pemeriksaan Lapangan (bila diperlukan)
  • Pas Photo berwarna 4 x 6 sebanyak 4 lembar 
  • Standar Waktu Pelayanan : 5 Hari Kerja (apabila persyaratan dinyatakan lengkap & benar) 
  • Biaya Pelayanan                          : Tidak Dipungut Biaya
  1. Daftar Ulang Izin Tempat Usaha (SITU) Yang Bebas Gangguan Dan Tidak Berbadan Hukum (Perseorangan). 

Persyaratan :

  • Surat Permohonan Daftar Ulang SITU
  • Fotocopy SITU
  • Pas Photo berwarna 4 x 6 sebanyak 2 lembar
  • Standar Waktu Pelayanan : 2 Hari Kerja (apabila persyaratan dinyatakan lengkap & benar)
  • Biaya Pelayanan                          : Tidak Dipungut Biaya
  • Balik Nama Izin Tempat Usaha (SITU) Yang Bebas Gangguan Dan Tidak Berbadan Hukum (Perseorangan)

Persyaratan :

  • Surat Permohonan Balik Nama SITU
  • SITU asli
  • Fotocopy KTP Pemohon
  • Fotocopy NPWP Pemohon
  • Berita Acara Pemeriksaan Lapangan (bila diperlukan)
  • Pas Photo berwarna 4 x 6 sebanyak 4 lembar 
  • Standar Waktu Pelayanan : 2 Hari Kerja (apabila persyaratan dinyatakan lengkap & benar) 
  • Biaya Pelayanan                          : Tidak Dipungut Biaya
  • Perluasan Izin Tempat Usaha (SITU) Yang Bebas Gangguan Dan Tidak Berbadan Hukum (Perseorangan). 

Persyaratan :

  •  Surat Permohonan Perluasan SITU
  • SITU Asli
  • Fotocopy KTP Pemohon
  • Fotocopy IMB (bila diperlukan)
  • Berita Acara Pemeriksaan Lapangan (bila diperlukan)
  • Pas Photo berwarna 4 x 6 sebanyak 4 lembar 
  • Standar Waktu Pelayanan : 2 Hari Kerja (apabila persyaratan dinyatakan lengkap & benar) 
  • Biaya Pelayanan                          : Tidak Dipungut Biaya
  • Izin Gangguan (HO) Terhadap Usaha Yang Tidak Menggunakan Mesin Dengan Intensitas Gangguan Kecil, seperti:Industri Kerajinan Rumah Tangga, Hotel Berkelas Melati/Losmen/Penginapan, Tempat Rekreasi, Rumah Bersalin /Klinik 24 Jam, Kolam Renang, Perusahaan Meubeler, Perusahaan Batik, Perusahaan Pencucian Kendaraan, Gedung Olah Raga yang dikomersilkan, WC yang dikomersilkan, Penyewaan Kendaraan Bermotor, Agen Perjalanan, dan Warnet. 

 Dasar Hukum :

  1.  Perda No. 2 Tahun 2013 tentang Retribusi Izin Gangguan;
  2. Perwal No. 7/2013 ttg Petunjuk Pelaksanaan Perda No. 2 tahun 2013 tentang Retribusi Izin Gangguan;
  3. Perwal No. 29/2014 ttg Pelimpahan sebagian Kewenangan Walikota Kepada Camat untuk Melaksanakan UrusanPemerintah Daerah.
Persyaratan :
  •  Surat Permohonan Izin Gangguan
  • Surat Pernyataan tidak keberatan dari tetangga
  • Fotocopy KTP/Keterangan Domisili/Surat Keterangan Kewarganegaraan (bagi WNA)
  • Fotocopy NPWP Perusahaan
  • Fotocopy IMB/Site Plan
  • Status penguasaan tanah (SHM/Sewa/ Jual Beli)
  • Fotocopy Akta Pendirian Perusahaan
  • Berita Acara Pemeriksaan Lapangan
  • Bukti setor Retribusi Daerah
  • Surat Kuasa bermaterai cukup bila diurus orang lain 
  • Standar Waktu Pelayanan : 5 Hari Kerja (apabila persyaratan dinyatakan lengkap & benar) 
  • Biaya Pelayanan                          : Beretribusi (Sesuai Perda)
  • Daftar Ulang Izin Gangguan (HO) Terhadap Usaha Yang Tidak Menggunakan Mesin Dengan Intensitas Gangguan Kecil. 
Persyaratan :
  •  Surat Permohonan Daftar Ulang Izin Gangguan
  • Fotocopy SK. Izin Gangguan dan/atau Fotocopy Surat Daftar Ulang Izin Gangguan
  • Fotocopy IMB / Site Plan 
  • Bukti setor Retribusi Daerah
  • Fotocopy KTP 
  • Standar Waktu Pelayanan : 5 Hari Kerja (apabila persyaratan dinyatakan lengkap & benar) 
  • Biaya Pelayanan                          : Beretribusi (Sesuai Perda)
  •  Balik Nama Izin Gangguan (HO) Terhadap Usaha Yang Tidak Menggunakan Mesin Dengan Intensitas Gangguan Kecil.  

 Persyaratan:

  • Surat Permohonan Balik Nama Izin Gangguan
  • SK. Izin Gangguan yang asli
  • Fotocopy Surat Daftar Ulang Izin Gangguan yang asli
  • Fotocopy IMB / Site Plan
  • Berita Acara Pemeriksaan Lapangan
  • Fotocopy Akte Perubahan
  • Bukti setor Retribusi Daerah
  • Fotocopy KTP 
  • standar Waktu Pelayanan : 5 Hari Kerja (apabila persyaratan dinyatakan lengkap & benar) 
  • Biaya Pelayanan                          : Beretribusi (Sesuai Perda)
  •  Perluasan Izin Gangguan (HO) Terhadap Usaha Yang Tidak Menggunakan Mesin Dengan Intensitas Gangguan Kecil.

Persyaratan :

  • Surat Permohonan Izin Gangguan untuk Perluasan Usaha
  • SK. Izin Gangguan yang asli
  • Fotocopy Surat Daftar Ulang Izin Gangguan yang asli
  • Fotocopy bukti kepemilikan tanah (Sertifikat tanah dan atau perjanjian sewa)
  • Fotocopy Izin Mendirikan bangunan (IMB) / Site Plan
  • Berita Acara Pemeriksaan Lapangan
  • Bukti setor Retribusi Daerah
  • Fotocopy KTP 
  • Standar Waktu Pelayanan : 5 Hari Kerja (apabila persyaratan dinyatakan lengkap & benar) 
  • Biaya Pelayanan                          : Beretribusi (Sesuai Perda)
  •   Izin Tempat Usaha Pedagang Kaki Lima (PKL) Dasar Hukum :
  1. Perda No. 6 Tahun 2003 tentang Pengendalian Pedagang Kaki Lima;
  2. Perwal No. 29/2014 tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan Walikota Kepada Camat untuk Melaksanakan Urusan Pemerintah Daerah. 
Persyaratan :
  • Surat Permohonan Izin Tempat Usaha PKL
  • Fotocopy KTP dan KK Kota Cilegon
  • Fotocopy Kartu/ Keterangan Keanggotaan Paguyuban PKL
  • Standar Waktu Pelayanan : 5 Hari Kerja (apabila persyaratan dinyatakan lengkap & benar)
  • Biaya Pelayanan                          : Tidak Dipungut Biaya
  • Izin Penyelenggaraan Hiburan Keliling (Sirkus/ Komedi Putar/ Pasar Malam Dan Sejenisnya).

Dasar Hukum :

  1. Perda No. 2 Tahun 2003 tentang Perizinan Penyelenggaraan Hiburan;
  2. Perwal No. 29/2014 tentang Pelimpahan sebagian Kewenangan Walikota Kepada Camat untuk Melaksanakan urusan Pemerintah Daerah.

Persyaratan :

  • Surat Permohonan Izin Penyelenggaraan Hiburan Keliling
  • Fotocopy izin keramaian dari kepolisian setempat
  • Surat Keterangan dari Kelurahan Setempat yang menyatakan bahwa Jarak penyelenggaraan hiburan dari tempat sekolah lebih besar dari 100 m, dari tempat ibadah lebih besar dari 100 m, dari tempat perumahan lebih besar dari 100 m, dari tempat RSU/Puskesmas lebih besar dari 100 m, dan dari tempat industri berbahaya adalah lebih besar dari 300m
  • Surat Pernyataan tidak keberatan dari tetangga
  • Standar Waktu Pelayanan : 7 Hari Kerja (apabila persyaratan dinyatakan lengkap & benar)
  • StandarBiaya Pelayanan                          : Tidak Dipungut Biaya

  • Izin Pemasangan Reklame (Spanduk, Umbul-Umbul Dan Stiker Selain Di Jalan Protokol).

Dasar Hukum :

  1. Perda No. 14/2011 ttg Pajak Reklame

  2. Perwal No. 33/2013 ttg Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Cilegon Nomor 14 Tahun 2011 Tentang Pajak Reklame

  3. Perwal No. 29/2014 ttg Pelimpahan sebagian KewenanganWalikota Kepada Camat untuk Melaksanakan Urusan Pemerintah Daerah

Persyaratan :

  •  Surat Permohonan Izin Pemasangan Reklame
  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy NPWP Perusahaan/perorangan
  • Bukti setor Pajak Daerah
  • Standar Waktu Pelayanan : 7 Hari Kerja (apabila persyaratan dinyatakan lengkap & benar)
  • Biaya Pelayanan                          : Dikenakan Pajak Daerah (Sesuai Perda)
  •  Surat Keterangan Domisili Usaha
    • Dasar Hukum :

Perwal No. 29/2014 ttg Pelimpahan sebagian Kewenangan Walikota Kepada Camat untuk Melaksanakan Urusan Pemerintah Daerah

Persyaratan :

  •  Fotokopi KTP
  • Fotokopi Akta pendirian
  • Pengantar kelurahan
  • Status penguasaan tanah (SHM/Sewa/Jual Beli)
  • Standar Waktu Pelayanan : 3 Hari Kerja (apabila persyaratan dinyatakan lengkap & benar)
  • Biaya Pelayanan                          : Tidak Dipungut Biaya
b) Pelayanan bidang non perizinan, jenis layanan non perizinan yang diselenggarakan oleh Kecamatan Citangkil adalah sebagai berikut :
  • Pengantar Pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Dasar Hukum :
  1.  
    1. Perda No. 14 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan
    2. Perwal No. 29 Tahun 2014 tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan Walikota Kepada Camat untuk Melaksanakan Urusan Pemerintah Daerah.

 Persyaratan :

Pengantar KTP Baru :

  •  Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi Akta Nikah (jika sudah menikah)
  • Fotokopi Akta Kelahiran/Ijazah/STTB
  • Surat Keterangan Pindah (jika penduduk pindahan)
  • Foto ukuran 2x3, 2 (dua) lembar berwarna (Latar belakang sesuai tahun kelahiran : Merah untuk Ganjil, dan Biru untuk Genap)
  • Mengisi Formulir KTP

 Pengantar KTP Pergantian :

  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • KTP Lama (Asli)
  • Surat Keterangan Pindah (jika penduduk pindahan)
  • Surat Keterangan Kehilangan Dari Kepolisian (jika pergantian karena hilang)
  • Fotokopi Akta Nikah/Cerai (untuk perubahan status)
  • Foto ukuran 2x3, 2 (dua) lembar berwarna (Latar belakang sesuai tahun kelahiran : Merah untuk Ganjil, dan Biru untuk Genap)
  • Mengisi Formulir KTP
  • Biaya Pelayanan :               Tidak Dipungut Biaya

 

  • Pengantar Pembuatan Kartu Keluarga (KK) Dasar Hukum :
  1. Perda No. 14 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan
  2. Perwal No. 29 Tahun 2014 tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan Walikota Kepada Camat untuk Melaksanakan Urusan Pemerintah Daerah.

Persyaratan :

Pengantar KK Baru :

  • Pengantar Kartu Keluarga Baru
  • Fotokopi Kutipan Akta Nikah (jika sudah menikah)
  • Fotokopi KTP Suami/Istri
  • Surat Keterangan Pindah (jika penduduk pindahan)
  • Mengisi Formulir Biodata Penduduk
  • Mengisi Formulir Permohonan Kartu Keluarga Baru

Pengantar Perubahan KK Karena Penambahan Anggota Keluarga :

  • KK Lama (Asli)
  • Fotokopi Akta Kelahiran Anggota Keluarga Baru
  • Mengisi Formulir Perubahan KK

Pengantar Perubahan KK Karena Pengurangan Anggota Keluarga :

  • KK Lama (Asli)
  • Surat Keterangan Kematian (jika karena meninggal dunia)
  • Surat Keterangan Pindah (jika karena pindah)
  • Mengisi Formulir Perubahan KK

Pengantar Perubahan KK Karena Hilang/Rusak :

  • Surat Keterangan Hilang Dari Kepolisian (jika karena hilang)
  • KK yang rusak (jika karena rusak)
  • Mengisi Formulir Perubahan KK
  • Biaya Pelayanan :               Tidak Dipungut Biaya

 

  • Surat Keterangan Pindah (Antar Kecamatan Dalam Wilayah Kota Cilegon

Dasar Hukum :

  1. Perda No. 14 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan
  2. Perwal No. 29 Tahun 2014 tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan Walikota Kepada Camat untuk Melaksanakan Urusan Pemerintah Daerah.

Persyaratan :

  • Surat Pengantar RT/RW
  • Surat Pengantar Kelurahan
  • Kartu Keluarga Asli
  • KTP Asli
  • Foto ukuran 3x4, 2 (dua) lembar berwarna
  • Biaya Pelayanan :               Tidak Dipungut Biaya

 

  • Surat Keterangan Pindah Datang (Antar Kecamatan Dalam Wilayah Kota Cilegon

Dasar Hukum :

  1. Perda No. 14 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan
  2. Perwal No. 29 Tahun 2014 tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan Walikota Kepada Camat untuk Melaksanakan Urusan Pemerintah Daerah.

Persyaratan :

  • Surat Pengantar Kelurahan
  • Foto ukuran 3x4, 2 (dua) lembar berwarna
  • Surat Keterangan Pindah Dari Kecamatan Asal
  • Biaya Pelayanan :               Tidak Dipungut Biaya

 

  • Surat Pengantar SKCK, Dasar Hukum :
  1. Perwal No. 29 Tahun 2014 tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan Walikota Kepada Camat untuk Melaksanakan Urusan Pemerintah Daerah.

Persyaratan :

  • Fotokopi KK
  • Fotokopi KTP
  • Surat Pengantar Kelurahan
  • Surat Pengantar RT/RW
  • Foto ukuran 4x6, 2 (dua) lembar berwarna
  • Biaya Pelayanan :               Tidak Dipungut Biaya

 

  • Surat Keterangan Tidak Mampu, Dasar Hukum :
  1. Perwal No. 29 Tahun 2014 tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan Walikota Kepada Camat untuk Melaksanakan Urusan Pemerintah Daerah.

 Persyaratan :

  • Fotokopi KK
  • Fotokopi KTP
  • Surat Pengantar Kelurahan
  • Biaya Pelayanan :               Tidak Dipungut Biaya

 

  • Surat Keterangan Tidak Sengketa
Dasar Hukum :
  1. PP No. 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah
  2. Peraturan Kepala BPN No. 3 Tahun 1997 tentang Ketentuan Pelaksnaan PP No. 24 Tahun 1997
  3. Perwal No. 29 Tahun 2014 tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan Walikota Kepada Camat untuk Melaksanakan Urusan Pemerintah Daerah.

Persyaratan :

  • Fotokopi KTP
  • Surat Pengantar Kelurahan dilampiri permohonan dari yang bersangkutan kepada Lurah
  • Sertifikat/ bukti penguasaan tanah (Fotokopi dan memperlihatkan yang asli)
  • Surat Pernyataan tidak sengketa bermaterai
  • Riwayat Tanah dari Kelurahan
  • Fotokopi SPPT dan Lunas PBB Tahun berjalan
  • Biaya Pelayanan :               Tidak Dipungut Biaya

 

  • Surat Keterangan Ahli Waris, Dasar Hukum :
  1. Perwal No. 29 Tahun 2014 tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan Walikota Kepada Camat untuk Melaksanakan Urusan Pemerintah Daerah.

 Persyaratan :

  • Surat Pengantar RT/RW
  • Fotokopi KTP Ahli Waris (Asli dibawa)
  • Surat Keterangan Waris yang ditanda tangani, bermaterai 6.000
  • Fotokopi Pelunasan PBB
  • Pernyataan ahli waris yang menerima warisan yang sudah ditanda tangani Lurah
  • Biaya Pelayanan :               Tidak Dipungut Biaya

 

KONTAK
Klik Gambar di Bawah ini
POOLING

Bagaimana menurut pendapat anda tentang layanan di website ini?

Kurang
Cukup
Sangat Bagus
Tidak Tahu

Hasil Polling
DOKUMENTASI
SOSIAL MEDIA