large image
CAMAT

Drs. JOKO PURWANTO, MM
NIP. 19740405 199303 1 003
SEKILAS KOTA CILEGON
PENGUMUMAN
AGENDA
PUSAT UNDUHAN
Klik Gambar di Bawah ini
LINK TERKAIT


ASMAN TOGA 2018 KEL. TAMAN BARU KEC. CITANGKIL
Kategori Berita | Diposting pada : 2018-05-21 -|- 10:15:00 oleh Admin
Bagikan Artikel ini :

Salah satu strategi pembangunan kesehatan  yang dilakukan Kementerian Kesehatan dalam rangka meningkatkan upaya promotif – preventif adalah mendorong masyarakat agar mampu memelihara kesehatannya, serta mengatasi gangguan kesehatan ringan secara mandiri melalui kemampuan asuhan mandiri. Asuhan mandiri kesehatan tradisional dilakukan oleh individu dalam keluarga, kelompok atau masyarakat dengan memanfaatkan taman obat keluarga (TOGA) dan keterampilan. Supaya pelayanan kesehatan tradisional dapat dipertanggungjawabkan, aman dan bermanfaat, maka harus selalu dibina dan diawasi oleh Pemerintah.


Pembinaan asuhan mandiri pemanfaatan TOGA dan keterampilan dilakukan bersama antara lintas program Kementerian Kesehatan dan lintas sektor Kementerian Terkait. Bentuk tahapan pembinaan teknis dilakukan secara berjenjang dari tingkat pusat sampai ke tingkat desa/kelurahan bersama dengan mitra sesuai peran, tugas dan fungsi masing-masing. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 9 tahun 2016 tentang Upaya Pengembangan Kesehatan Tradisional melalui Asuhan Mandiri Pemanfaatan Taman Obat Keluarga dan Ketrampilan, pembinaan asuhan mandiri pemanfaatan TOGA dan keterampilan dapat dilakukan melalui penilaian pemanfaatan TOGA dan Akupressur.


TOGA


Sejak tahun 2015, Kementerian Kesehatan telah menyelenggarakan lomba penilaian kelompok asuhan mandiri (Asman) kesehatan tradisional melalui pemanfaatan TOGA dan Akupressur tingkat Nasional. Adapun jenjang penilaian yang dilakukan meliputi penilaian tingkat kecamatan, tingkat Kabupaten/Kota, tingkat propinsi dan tingkat Pusat / Nasional. Adapun penilaian dibagi dalam 3 kriteria yaitu daerah kawasan perkotaan, pedesaan dan terpencil dan sangat terpencil (DTPK).


TOG1


Senin (14/05/2018) kemarin, Tim Penilai tingkat Nasional melakukan kunjungan ke kelompok Asman Toga Kelurahan Taman Baru Kecamatan Citangkil Kota Cilegon Propinsi Banten dalam rangka verifikasi lapangan serta penilaian tingkat Propinsi Banten.


Dalam proses verifikasi ini, Tim melakukan wawancara dan verifikasi ulang kepada Pejabat, Terkait Kader dan Keluarga Binaan. Verifikasi ini juga dihadiri oleh Asda I Kota Cilegon, Camat Citangkil Puskesmas, Tim Penggerak PKK, perwakilan lintas sektor dan program meliputi dinas pertanian,  dinas infokom, dinas perindustrian, bidang promosi kesehatan, UPTD, dan LSM.  



List Berita Lainnya
KONTAK
Klik Gambar di Bawah ini
POOLING

Bagaimana menurut pendapat anda tentang layanan di website ini?

Kurang
Cukup
Sangat Bagus
Tidak Tahu

Hasil Polling
DOKUMENTASI
SOSIAL MEDIA